Home / Pemetaan / Pemetaan Partisipatif bersama Kyoto University di Desa Merbau
pemetaan partisipatif
Hakiki sedang verifikasi batas desa dengan perangkat desa Merbau Kec. Bunut, Kab. Pelalawan. (hakiki.or.id)

Pemetaan Partisipatif bersama Kyoto University di Desa Merbau

Hakiki.or.id, Pemetaan Partisipatif bersama Kyoto University di Desa Merbau – Kyoto University Jepang, mengajak Hakiki dalam program bertajuk “Future Earth”. Program ini diawali dengan Asesmen aspek spasial, sosial, eonomi, budaya dll. Selain Hakiki, Kyoto University juga mengajak Universitas Negeri Riau.

Hakiki berpartisipasi dalam pemetaan Desa Merbau Kec. Bunut, Kab. Pelalawan – Riau. Bulan Januari 2016, Hakiki memulai kegiatan pemetaan di desa Merbau yang dilakukan secara partisipatif dengan masyarakat. Dalam pemetaan tersebut, beberapa peneliti dari Kyoto University turut serta bersama Hakiki ke desa Merbau antara lain, Masaaki Okamoto, Kazuo Watanabe, dan Hasegawa Takiya. Hasil peta partisipatif yang dilakukan Hakiki di desa Merbau ini akan digunakan sebagai bahan penyusun program “Future Earth”.

Masyarakat desa Merbau sangat antusias mengikuti kegiatan pemetaan partisipatif tersebut. Hakiki membagi pengetahuan pemetaan kepada masyarakat tentang pemetaan seperti, cara penggunaan GPS, aplikasi ArcGIS dll. Dari pemetaan ini Hakiki berharap ruang lingkup wilayah desa dipetakan secara jelas sehingga konflik sempadan batas wilayah tatak kuasa desa, dan sempadan batas desa bisa diuraikan. Hasilnya juga bisa dilakukan sebagai bahan pengelolaan lahan gambut. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>