Home / Catatan / Identifikasi dan Rencana Kerja Bersama Untuk Desa Peduli Gambut Provinsi Riau
badan restorasi gambut

Identifikasi dan Rencana Kerja Bersama Untuk Desa Peduli Gambut Provinsi Riau

Hakiki.or.id, Identifikasi dan Rencana Kerja Bersama Untuk Desa Peduli Gambut Provinsi Riau – Badan Restorasi Gambut (BRG) menggagas sebuah Lokakarya dengan tajuk Identifikasi dan rencana kerja bersama untuk desa peduli gambut provinsi Riau. Acara ini diadakan pada 4/05/2016 di Hotel Grand Zuri Pekanbaru. Lebih kurang 17 Civil Society Organization (CSO) Riau menjadi tamu undangan dalam lokakarya tersebut. Acara ini bertujuan untuk melakukan pemetaan aktivitas SCO sebagai bahan menyusun rencana kegiatan dalam upaya pengembangan desa untuk pencegahan kebakaran di lahan gambut di Provinsi Riau.

BRG mempunyai tugas mengkoordinasikan dan memfasilitasi restorasi gambut di provinsi Riau, Jambi, Sumatera selatan, kalimantan barat, kalimantan tengah, kalimantan selatan dan papua berdasarkan Perpres Nomor 1 Tahun 2016. Dengan fungsi koordinasi dan penguatan kebijakan pelaksanaan restorasi gambut, sosialisasi, edukasi, penghimpunan dan pengakomodasian partisipasi dan dukungan masyarakat. Atas dasar itu, BRG mengundang CSO di Provinsi Riau dalam lokakarya untuk secara bersama-sama melakukan identifikasi dan menyusun rencana kerja bersama desa peduli gambut di Provinsi Riau.

badan restorasi gambut
Zainuri Hasyim sebagai fasilitator acara memberikan materi pada acara tersebut.

Dalam rangka pemulihan kawasan dan pengembalian fungsi hidrologis gambut akibat kebakaran hutan dan lahan secara khusus, sistematis, terarah, terpadu, dan menyeluruh, Presiden RI membentuk Badan Restorasi Gambut melalui diterbitkannya peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2016. BRG diberi mandat untuk mengkoordinasikan dan memfasilitasi restorasi gambut. Sepanjang lima tahun ke depan, BRG diharapkan dapat melakukan restorasi ebsnyak 2 (dua) juta hektar di tujuh provinsi, yakni Riau, Jamni, Sumatera selatan, kalimantan barat, tengah, dan papua. BRG mempunyai fungsi lain untuk koordinasikan dan penguatan kebijakan pelaksanaan, restorasi gambut, sosialisasi, edukasi, penghimpunan dan pengakomodasian partisipasi, dan dukungan masyarakat.

IMG_1409
Pada lokakarya ini berlangsung diskusi yang padat dan cair.

Terkait dengan fungsi tersebut, BRG hendak mendorong keterlibatan aktif masyarakat luas khususnya di tingkat desa.
dalam hal ini lah, BRG melihat pentingnya organisasi masyarakat sipil sebagai aktor yang selam ini aktif dalam menggerakan masyarakat secara langsung untuk bersama-sama mengidentifikasi lokasi-lokasi prioritas yang nantinya akan menjadi landasan pelaksanaan program BRG ke depan. Berlandaskan hal itu, BRG hendak menyelenggarakan acara yang mengundang masyarakat masyarakat sipil di Riau.

Selain Zainuri Hasyim sebagai Fasilitator, Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan, Myrna A. Syafitri, nampak hadir juga Kepala Badan Restorasi Gambut, Nazir Foead. Beberapa CSO yang diundang dalam lokakarya ini antaralain AMAN Riau, Elang, FITRA Riau, FKKM Riau, Hakiki, Jaringan Masyarakat GAmbut Riau, Jikalahari, Kabut, Kaliptra, Kelompok Advokasi Riau, LBH Pekanbaru, PASA, Riau Women Working Group, Rumah Pohon, Scale-up, Walhi Riau, WWF Riau, Yayasan Bunga Bangsa dan Yayasan Mitra Insani. Melalui acara ini diharapkan diperoleh, dokumen baseline yang setidak-tidaknya mencakup lokasi, actor dan program CSO dalam kegiatan pengembangan desa untuk pencegahan kebakaran di lahan gambut di Provinsi Riau (exixting). Dan, Rencana program/kegiatan dan strategi pencapaian CSO berkaitan dengan pencegahan kebakaran di lahan gambut Provinsi Riau erbasis desa dalam 4 tahun mendatang. Pertemuan selanjutnya akan diadakan sekitar akhir bulan Mei 2016. (AS)

Check Also

kotolamo - rimbang baling

Kotolamo, Salah Satu Benteng Rimbang Baling

Hakiki.or.id – Kenegarian Kotolamo, sebuah komunitas masyarakat adat yang berada di SM (Suaka Margasatwa) Rimbang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>