Home / Catatan / Budidaya Kelulut di Kenegerian Kotolamo
WhatsApp Image 2017-02-16 at 12.38.46

Budidaya Kelulut di Kenegerian Kotolamo

Yayasan hakiki membawa gagasan untuk mebudidayakan kelulut di kenegarian Kotolamo. Hal ini dilakukan sebagai upaya menyediakan alternatife ekonomi masyarakat adat kenegarian Kotolamo yang mayoritas bergantung pada berkebun karet hutan. Kelulut yang memiliki bahasa latin trigona, banyak di temui di Kampar kiri hulu. Tetapi, tidak banyak masyarakat yang tahu bahwa lebah ini bisa di budidayakan.

Hakiki berinisiatif untuk mendatangkan petani yang sudah berhasil membudidayakan kelulut untuk membagikan ilmunya ke pada masyarakat Kampar kiri hulu khususnya di desa koto lamo. Hakiki membawa Nuskan, petani yang sudah lebih dulu membudidayakan kelulut di daerah Lipat Kain. Beliau kami bawa ke koto lamo untuk mengajarkan kepada masyarakat bagaimana caranya membudidayakan kelulut atau yang biasa di sebut galo-galo oleh masyarakat sekitar.

Di hari pertama, pada tanggal 16 november 2016 kami bersama masyarakat (Datuk Marlan dan Datuk Elvis) menyusuri kebun Datuk Marlan untuk mencari sarang kelulut. Pada hari pertama didapatkan 3 sarang kelulut, yang kemudian kami bawa ke kampung untuk di buatkan kotak diatas sarang. Pembuatan kotak kayu itu adalah tahap yang dilakukan untuk menjadikan kotak kayu tersebut sebagai rumah kelulut.

Pembuatan kotak kayu sarang kelulut itu mengajak warga khususnya Ibu-ibu sebagai sasaran utama kegiatan pembudidayaan kelulut ini. Pada pelatihan pertama tersebut disampaikan bahwa masyarakat di himbau untuk mencari sarang kelulut disekitar kebun mereka.

Setelah itu, pada tanggal 16 januari 2017 kembali dilakukan pelatihan untuk masyarakat yang kebetulan baru mengambil sarang kelulut dari kebunnya. Dengan tahapan yang kurang lebih sama. Masyarakat dilatih untuk membuat kotak kayu dan penyiapan sarang kelulut dari sarang yang baru mereka dapatkan.

Hingga saat ini 16 februari 2017 sudah ada 68 sarang kelulut dari 14 warga yang membudidayakan kelulut. Sosialisasi budidaya kelulut masih terus di lanjutkan. Hal ini dilakukan untuk menyiapan ekonomi alternatif bagi masyarakat Kotolamo.

Check Also

kawasan strategis nasional

Kawasan Strategis Nasional Hutan Lindung Mahato serta Kawasan Strategis Nasional Hutan Lindung Bukit Batabuh dan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Hakiki.or.id – Satuan Kerja Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Sumber Daya Air Provinsi Riau, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>